Beranda | Artikel
Hukum Laki-Laki Memakai Gelang selain Emas – Syaikh Saad al-Khatslan #NasehatUlama
Kamis, 22 Agustus 2024

Pertanyaan Abu Larin via aplikasi “X”, dia bertanya, “Apa hukum memakai gelang yang bukan emas di tangan bagi laki-laki?”

Tidak boleh memakai gelang bagi laki-laki, karena ini menyerupai wanita. Tidak ada urgensi untuk memakai gelang bagi laki-laki, jika itu tujuannya untuk berhias.

Adapun jika tujuannya bukan untuk berhias, seperti untuk pengobatan, dan DOKTER MENYARANKANNYA, maka boleh. Adapun jika untuk tujuan berhias, maka tidak boleh karena terdapat penyerupaan dengan kaum wanita. Demikian.

====

مِنْ أَسْئِلَةِ أَبِي لَارِين عَبْرَ إِكْس يَقُولُ مَا حُكْمُ لُبْسِ الْأَسَاوِرِ عَلَى الْيَدِ لِلرِّجَالِ مِنْ غَيْرِ الذَّهَبِ؟

لَا يَجُوزُ لُبْسُ الْأَسَاوِرِ لِلرِّجَالِ لِأَنَّ فِي هَذَا تَشَبُّهًا بِالنِّسَاءِ وَلَا حَاجَةَ لِلُبْسِ الْأَسَاوِرِ بِالنِّسْبَةِ لِلرَّجُلِ إِذَا كَانَ ذَلِكَ بِقَصْدِ الزِّينَةِ

أَمَّا لَوْ كَانَ لِغَيْرِ قَصْدِ الزِّينَةِ كَأَنْ يَكُونَ لِغَرَضٍ طِبِّيٍّ مَثَلًا وَنَصَحَهُ الطَّبِيْبُ بِذَلِكَ لَا بَأْسَ لَكِنْ إِذَا كَانَ بِقَصْدِ الزِّينَةِ فَهَذَا لَا يَجُوزُ لِمَا فِيهِ مِنَ التَّشَبُّهِ بِالنِّسَاءِ نَعَمْ


Artikel asli: https://nasehat.net/hukum-laki-laki-memakai-gelang-selain-emas-syaikh-saad-al-khatslan-nasehatulama/